Trekker yang serius harus menjelajahi pilihan untuk tinggal di gunung Rinjani selama 3 malam atau lebih dengan rencana perjalanan yang mengambil di tepi kawah, turun ke tepi danau, puncak mutlak dan banyak lagi. Trek seperti ini biasanya dimulai di Senaru atau Sembalun namun dalam beberapa tahun terakhir beberapa rute lain telah dibuka termasuk rute Benang Stokel, Timbanuh dan Torean.

Rute pendakian Di Mulai Jalur Senaru

Sejauh ini, ini adalah rute yang paling sering digunakan karena memungkinkan perjalanan (yang relatif) tidak terlalu berat ke tepi kawah saja. Anda mulai dari ketinggian 600 m di desa Senaru, biasanya di akhir pagi atau sore hari dan melakukan pendakian 6 jam ke tepi kawah sebelum gelap. Bagian pertama dari perjalanan adalah melalui hutan hujan tropis. Lihat dan dengarkan lutung, atau monyet hitam, yang berayun di antara pepohonan di pagi hari. Mereka sangat pemalu, tidak seperti kera biasa yang mungkin berkumpul di dekat perhentian menunggu sisa makanan. Rute melewati POSII pada ketinggian 1.500 m, menembus garis pohon pada ketinggian 2.000 m (POSIII) dan kemudian melewati jalur kerikil yang sedikit terjal menuju lokasi perkemahan tepat di bawah bibir kawah pada ketinggian 2.600 m. Tidak ada jalur yang jelas di bagian terakhir yang mendekati bibir kawah, dengan kemiringan 45 derajat. Ada POS Ekstra setelah POS 3, tapi cukup banyak yang hilang, dan sisa-sisanya telah dipotong oleh kuli sebagai kayu bakar.

Jika itu belum menghabiskan semua energi Anda, Anda dapat melakukan penurunan yang sangat berbahaya ke tepi danau kawah dan mandi di air panas. Anda memerlukan kepercayaan diri untuk melakukannya karena ini adalah turunan curam 600+ m menggunakan pegangan tangan dan tali. Dan kemudian kembali ke Senaru cara Anda datang. Pemandu lokal mengklaim turun lebih cepat, tetapi kecepatan bervariasi untuk individu. Kesabaran sangat penting untuk pengatur waktu pertama, karena bisa membuat frustrasi melihat kuli berlayar melewati Anda dengan beban seimbang di satu bahu, mengenakan sandal atau bahkan berjalan tanpa alas kaki. Turun dari POS Extra ke POS 3 bisa licin saat cuaca kering, karena scree cenderung memberi jalan di bawah kaki Anda. Dari POS 3 ke POS 2, penurunan dapat memakan waktu 1,5 hingga 2 jam, karena padang rumput sabana memudar, dan kelembaban dan panas dari hutan hujan tropis mulai masuk. Tip berguna: minta pemandu untuk memotong tiang trekking kayu jika Anda tidak membawa tiang trekking. Ini akan sangat berguna saat turun, terutama saat kaki terasa sakit karena pendakian yang berat. Ada pilihan untuk melanjutkan ke Plawangan II di mana Anda bermalam lagi sebelum melakukan pendakian ke puncak mutlak. Ini tidak direkomendasikan secara khusus dari pihak Senaru. Jika ingin mencapai puncak, pendakian ke Plawangan II paling baik dilakukan dari Sembalun.

Rute pendakian Sembalun

Mulai pagi hari dari Rinjani Trek Center di desa, pendakian ke Plawangan II di 2.638 m akan memakan waktu sekitar 8 jam melalui POSI (1.300 m), POSII (1.500 m) dan POSIII (1.800 m). Ketinggian awal adalah 1100 m, jadi tidak ada kondisi lembab yang harus dihadapi. Paruh pertama atau lebih perjalanan benar-benar mudah. Perjalanan melalui padang rumput sabana berangin dan santai, dengan tanjakan dan turunan yang lembut, dan satu-satunya kendala yang harus diwaspadai adalah tepukan sapi yang disimpan oleh sapi-sapi desa di sepanjang jalan. Perbukitan yang berbukit-bukit dan pemandangan yang menakjubkan membantu menghilangkan penat, tidak seperti hutan hujan tropis yang tertutup di rute Senaru.

Dari POS 2 hingga POS 3, pendakian masih bisa diatur. Tantangan untuk rute Sembalun adalah dari POS 3 ke POS Ekstra, karena kemiringan yang menanjak kadang bisa 50 derajat. Anak-anak kecil akan menemukan bagian ini menantang karena beberapa langkah diatur cukup jauh. Cuaca yang lebih dingin di sini mungkin memberi kesan bahwa tubuh tidak membutuhkan cairan, tetapi minumlah lebih banyak untuk mencegah penyakit ketinggian. Anehnya, ada seorang pria yang menjual minuman dingin bagi mereka yang mendambakannya. Bermalam di perkemahan di sini dan pergi ke puncak mulai pukul 3 pagi keesokan harinya. Anda harus beristirahat dengan baik karena ini adalah tugas yang berat, pendakian terakhir hampir 1.100 m di tanah yang sulit