Berapa Harga Mendaki Gunung Rinjani

Berapa Harga Mendaki Gunung Rinjani? Cek Disini!

Di Pulau Lombok, ada banyak sekali keindahan yang dapat dieksplor para wisatawan, yang mana satu di antaranya adalah Gunung Rinjani. Gunung Rinjani adalah Gunung berapi yang tertinggi nomor 2 di Indonesia dan menjadi salah satu gunung yang hampir tak pernah sepi orang yang mendakinya.

Jika Anda juga ingin menjadi salah satu pendaki Gunung Rinjani, mungkin penasaran tentang berapa harga mendaki Gunung Rinjani ini. Maka dari itu, simaklah pembahasan di artikel ini seputar biaya mendaki Gunung Rinjani beserta syarat pendakiannya.

Berapa Harga Mendaki Gunung Rinjani?

Pertama-tama, Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai harga tiket masuk sebelum memulai perjalanan mendaki Gunung Rinjani. Dari laman resmi Rinjani, harga tiket masuk untuk domestik adalah Rp5.000 per harinya dan untuk wisatawan mancanegara yakni Rp150.000 per hari. Harga tiket untuk wisatawan domestik tersebut bisa dibilang masih cukup terjangkau, ya.

Itu baru awal-awal biaya mendaki Gunung Rinjani saja, belum ketika Anda melakukan perjalanan dari tempat Anda menuju ke Lombok, biaya kendaraan umum, sampai biaya untuk menginapnya. Selain itu juga ada biaya makan, dan lain sebagainya.

Untuk tarif kendaraan umum yakni seperti bus, bisa bervariatif tergantung bus apa yang Anda gunakan. Terdapat beberapa jalur yang tersedia, Anda bisa menggunakan jalur apa yang sesuai kebutuhan saja. Itu dia mengenai berapa harga mendaki Gunung Rinjani.

Jika Anda menggunakan paket tour, maka harga paket mendaki Gunung Rinjani mungkin bisa jadi lebih terjangkau dan praktis. Anda tak perlu repot-repot menghitung budget yang tinggi dan ribet, semua sudah dikalkulasikan dengan baik dan Anda tinggal menyiapkannya saja.

Syarat atau Ketentuan Pendakian Rinjani

Setelah tadi Anda mengetahui tentang harga mendaki Gunung Rinjani khususnya harga tiket masuk, kali ini akan disajikan mengenai syarat pendakian Gunung Rinjani. Setelah beberapa waktu tutup, jalur mendaki Gunung Rinjani kini sudah mulai dibuka lagi, lho. Untuk Anda yang kemarin ketika Covid sedang naik-naiknya belum sempat mendaki Rinjani, sekarang adalah waktu yang tepat.

Namun penting juga untuk diingat bahwa terdapat beberapa syarat untuk hal itu. Untuk registrasi atau mengenai pembelian tiket kunjungan Anda bisa memesannya dengan cara online yaitu lewat aplikasi official milik Rinjani. Registrasinya juga tidak sulit, Anda akan diarahkan di aplikasi tersebut.

Ada beberapa jadwal dan waktu tertentu untuk kunjungan ke wisata Taman Nasional Gunung Rinjani. Waktu pendakiannya yang disarankan adalah selama 3 hari 2 malam saja. Untuk harga tiket masuknya ke Gunung Rinjani juga terbilang cukup murah untuk domestik, yaitu sekitar lima ribu rupiah.

Harga tiket tersebut tidak sama dengan harga tiket masuk untuk wisatawan mancanegara. Untuk wisatawan mancanegara adalah Rp150.000. Dilansir dari Bisnis.com, adapun syarat-syarat untuk melakukan pendakian di Gunung Rinjani setelah registrasi, membayar tiket masuk dan lain sebagainya adalah :

  • Memakai masker
  • Menggunakan aplikasi Peduli Lindungi
  • Selalu membawa handsanitizer ataupun sabun cair untuk mencuci tangan
  • Membawa surat keterangan sehat
  • Membawa kantong sampah (trashbag)
  • Jaga jarak

Fasilitas di Sekitar Gunung Rinjani

Jika Anda bertanya-tanya apakah ada fasilitas yang memadai di Gunung Rinjani, sebenarnya untuk fasilitas yang memadai itu adanya yaitu di sekitar Gunung Rinjani. Misalnya seperti fasilitas penginapan untuk bermalam, rumah makan dan lain-lain. Mulai dari pesisir gunung hingga puncak gunung itu yang ada hanyalah atmosfer alamnya.

Itulah mengapa Anda harus benar-benar siap perlengkapan selama mendaki, bukan hanya berupa benda penting, namun juga secara fisik. Tubuh harus benar-benar sehat dan juga bugar, karena mendaki itu pastinya akan sangat melelahkan. Apabila Anda tak berniat untuk mendaki, maka Anda bisa menyewa penginapan yang mana lokasinya tidak jauh dari wisata.

Apakah pembahasan di atas sudah menjawab pertanyaan mengenai berapa harga mendaki Gunung Rinjani? Anda sebaiknya tetap mengecek harga tiketnya, karena bisa berubah sewaktu-waktu. Sekarang ini program mendaki Rinjani juga banyak ditawarkan berbentuk paket tour jika Anda tidak ingin melakukan perjalanan pendakian secara pribadi, yang mana bisa memberi beragam keuntungan untuk Anda.

Previous reading
Gunung Rinjani Open Trip
Next reading
Paket Gunung Rinjani